Desa Wisata Kembang Arum sebagai Wisata Edukasi, Bermain sambil Belajar

Kabupaten Sleman merupakan salah satu dari kelima kabupaten yang berada di Wilayah Daerah istimewa Yogyakarta yang berada disebelah utara Kota Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki berbagai jenis daya tarik wisata yang mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten ini, seperti : Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Candi, hingga lokasi wisata yang menyuguhkan kearifan local masyarakat, budaya dan kesenian atau lebih sering disebut Desa Wisata. Oleh Karena itu saat ini saya akan membahas mengenai Potensi Ekowisata yang terdapat di Kabupaten Sleman, Khususnya di wilayah Turi, dimana di wilayah ini terdapat Wisata Edukasi berbasis Alam yang terletak di  Donokerto, Turi, Sleman yang bernama Desa Wisata Kembang Arum. saya akan membahas  mulai dari Atraksi, Transportasi, Akomodasi serta Kuliner.

Potensi Ekowisata

  1. Atraksi Yang terdapat di Desa Wisata Kembang arum

Desa Wisata Kembang Arum merupakan salah satu desa wisata yang terletak di kawasan lintas lereng merapi, yang memiliki luas wilayah desa sekitar 22 hektar dengan pemandangan alam dan nuansa pedesaan yang masih asri. Desa Wisata ini mengusung dan menawarkan konsep wisata Edukasi bagi Wisatawan, yang berisi mengenai pengajaran alam yang belum pernah dibahas dan dipelajari selama di bangku sekolah. kegiatan ini lebih mengedepankan edukasi berbasis alam dimana wisatawan diajak untuk berbaur dengan alam sekitar.

Sejarah munculnya desa wisatan ini berasal dari gagasan Bapak Hery ketika membeli rumah di Desa ini, beliau melihat bahawa banyak sekali potesni ekowisata yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan,  sehingga mampu mengangkat taraf hidup masyarakat sekitar. Melalui ketekunannya Bapak Hery dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar dan kelompok organisasi masyarakat mengenai gagasannya terhadap potensi ekowisata yang dimiliki oleh desa wisata ini, disambut baik oleh masyarakat sekitar sehingga ini memacu semangat Bapak Hery untuk membangun kawasan wisata di Desa Kembang Arum ini. Oleh kareanya pada pertengahan tahun 2005 Desa Kembang Arum ini diresmikan Sebagai Desa Wisata berbasisi Wisata Edukasi hal ini dilihat dari banyaknya potensi alam yang ada. Selain itu dalam setiap kegiatan yang diadakan di acara ini selalu melibatkan masyarakat sekitar  sebagai pelaksana atau sebagai pemandu wisata hal ini bertujuan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar selain itu masyarakat di desa ini lebih mengetahui seluk beluk yang ada di desa Kembang Arum ini.

kembang-arum-8-672x420
Source: http://kotajogja.com/wp-content/uploads/2016/05/kembang-arum-8-672×420.jpg

Sesampainya di Desa ini wisatawan akan disambut dan disuguhkan dengan pemandangan alam serta nuansa pedesaan yang masih sangat asri, yang jarang ditemui di kota-kota besar. Disini kita dapat melakukan kegiatan seperti Melukis, belajar membatik, Bermain permainan tradisional yang saat ini sudah jarang ditemui dan dimainkan misalnya : Gobak sodor, Eggrang, Dakon dan permainan tradisional lainnya, selain itu kita juga dapat menambah wawasan dengan Membaca berbagai buku yang disediakan di Perpustakaan wisata. Di sini juga terdapat fasilitas Area Outbond yang dapat menambah keakraban dan kekompakan seperti : Tangkap Ikan, Tracking, Flying Fox, Bermain Kelinci, Beternak, Membajak sawah, bercocok tanam dan kegiatan yang mengasikan dan menarik lainnya. Desa Wisata ini memiliki Motto yang sesuai dengan Kosep wisata yang dimiliki yaitu “Anda datang Senang, Pulang Tambah Pintar ” ini adalah sepengal Motto yang memiliki makna yang sangat mendalam. Berikut Ulasan mengenai beberapa Potensi Ekowisata dan Kegiatan Yang dapat dilakukan di Desa Wisata Kembang Arum :

a. Pertanian

Sesuai dengan Konsep yang di usung oleh Desa Wisata ini, dimana Wisatawan yang berkunjung di tempat ini akan diajak terjun langsung ke area perwasahaan untuk ikut serta dalam kegiatan bercocok tanam, mulai dari Membajak sawah hingga penanaman padi, hal ini mengingat sebagian besar masyarakat di desa wisata ini adalah sebagai petani Kegiatan ini diajarkan langsung oleh petani setempat.

kembang-arum-7
http://kotajogja.com/wp-content/uploads/2016/05/kembang-arum-7.jpg

Kegiatan Membajak sawah

Disini Wisatawan dapat mencoba secara langsung sensasi membajak sawah dengan Peralatan Tradisional yang dibantu dengan tenaga Kerbau maupun Sapi.

b. Perikanan

Selain memiliki area Persawahaan,Desa Wisata ini juga memiliki area Perikanan yang berupa Kolam Ikan dan Sungai yang dijadikan sebagai media pembenihan dan pembudidayaan ikan. Disini Wisatawan juga diajarkan bagaimana tatacara mengelola budi daya ikan, yang diajarkan langsung oleh para pengusaha perikanan. Kegiatan yang diajarkan mulai dari tata cara Pembenihan hingga Ikan Siap Panen

c. Kegiatan Melukis dan Membatik

Kegiatan Edukasi yang di usung oleh desa wisata ini tidak hanya sebatas Bercocok tanam dan pembudidayaan ikan, tetapi juga mengajarkan kegiatan Edukasi di bidang Seni, yaitu berupa Kegiatan Melukis Dan Membatik.

lukis-kaos-resize
https://dewikembar.files.wordpress.com/2013/05/lukis-kaos-resize.jpg

Disini Wisatawan diajarkan Bagaimana tatacara melukis dan membatik dengan benar, dengan membayar biaya kurang lebih Rp 100.000/ per Orang untuk kegiatan Melukis (Sudah Termasuk, Cat lukis, kuas dan Kanvas) serta Rp 125.000/per Orang  untuk kegiatan Membatik, dimana biaya tersebut sudah termasuk instruktur atau guru pengajar. Hasil dari Kegiatan ini dapat di bawa pulang sebagai kenang-kenangan dan oleh-oleh.

d. Permainan Tradisional

Untuk tetap melestarikan Permainan Tradisional Jawa, Desa Wisata Kembang Arum memperkenalkan kembali permaina tradisional jawa yang saat ini tidak mudah dijumpai lagi dan mulai di tinggalkan oleh generasi sekarang. Permainan Tersebut berupa : Egrang, Gobak Sodor, Dakon dan permainan tradisional lainnya.

Salah satunya adalah Permainan Egrang, Permainan ini merupakan permainan keseimbangan di mana wisatawan atau pengunjung harus berjalan menggunakan bambu tanpa terjatuh, Permainan ini sangat mengasikan dan membutuhkan konsentrasi tinggi.

kembang-arum-9-672x420
Permainan Egrang

Cara menggunakannya adalah dengan menumpu kedua kaki di masing-masing egrang.

e. Kegiatan Outbond

Selain Wisata Edukasi, Desa wisata ini juga menyediakan fasilitas atau paket kegiatan Outbound, berupa : Kegiatan Tracking (menyusuri desa dengan berjalan kaki), Flying Fox, Melewati Jembatan Keseimbangan dari bambu, Susur sungai, menangkap ikan serta kegiatan yang memacu adrenalin lainnya. Didalam kegiatan ini wisatawan diharapkan dapat membangun komunikasi serta menciptakan kekompakan dan kepercayaan diantara kelompok.

Kegiatan Outbond, source : http://kotajogja.com/wp-content/uploads/2016/05/kembang-arum-6.jpg

e. Beternak Kelinci

Selain diajarkan mengenai tatacara bercocok tanam dan membajak sawah, kita juga diajarkan bagaimana cara beternak kelinci, yang diajarkan oleh peternak kelinci yang ada di desa wisata Kembang arum. Dan beberapa Kegiatan lainnya.

2. Transportasi yang dapat digunakan menuju Desa Wisata Kembangarum

a.      Akses

untuk menuju lokasi desa wisata kembangarum yang teretak di Donokerto Turi Sleman, wisatawan bisa menggunakan 2 pilihan yaitu menggunakan transpotasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Jika menggunakan Transportasi Umum wisatawan dapat menaiki moda transportasi roda empat (Bus) jurusan Jogja – Tempel dari Terminal Giwangan menuju Pasar Sleman, dan dilanjutkan dengan menaiki Bus jalur D4. Jika menggunkan kendaraan pribadi dapat ditempuh kurang lebih sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan jalur menuju daerah turi.

kembangarum
Peta Lokasi Desa Wisata Kembang Arum

b. Transportasi Wisata

Seperti kebanyakan Desa Wisata lainnya, desa wisata ini juga menyediakan fasilitas Mobil Wisata, yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling menikmati keindahan dan Keasrian Desa Wisata ini.

3. Akomodasi yang dapat kita jumpai di Desa Wisata Kembangarum

Jika masih ini berlama-lama di Desa wisata ini, wisatawan dapat menyewa Homestay dengan suasana pedesaan yang masih kental, dimana bangunan ini dibangun dengan bahan bambo, berlantai tanah ,dihiasi dengan lukisan-lukisan dan Ornamen  Wayang serta pemandangan sungai dan pempohoan yang rindang menambah kenyamanan dan ketenangan alami pedesaan.

kembang-arum-5-672x420
Source : http://kotajogja.com/wp-content/uploads/2016/05/kembang-arum-5-672×420.jpg

Homestay Griya Sekar Arum

Wisatawan dapat menyewa Homestay ini dengan Biaya kurang lebih Rp 750.000/ per malam untuk rombongan.  Selain menyediakan fasilitas Homestay  Desa wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang lainya seperti : Masjid, Sanggar Lukis, Perpustakaan wisata, Mobil jelajah alam dan Rumah Makan.

4. Kuliner

Selain Mengedepankan Wisata Edukasi, Desa wisata kembang arum juga memperkenalkan makanan atau kuliner khas yang hanya dapat ditemui di desa wisata ini. Kuliner tersebut berupa :

a. Ikan Bakar Saus aus salak, yang dilengkapi dengan sambel dan oseng-oseng salak

ikan-saus-salak1
Menu Makanan Ikan Bakar Saus salak

 

Makanan ini merupakan makanan khas yang ditawarkan di desa wisata ini, makanan ini merupakan perpaduan diantara dua bahan makanan yaitu ikan dan buah salak, yang memiliki cita rasa tersendiri.

b. Nasi Takir

2147638_orig
http://kembangarum.weebly.com/uploads/1/2/7/3/12735148/2147638_orig.jpg

Nasi Takir adalah kuliner yang paling sering dihidangkan di tempat ini, Nasi Takir ini dapat di jumpai di beberapa daerah di pulau jawa, biasanya nasi ini berupa Nasi putih atau nasi liwet yang dihidangkan bersama makanan pelengkap lainnya misalnya, telur, gudangan serta ikan teri, tetapi juga ada yang berisi Nasi kuning beserta lauk pauknya seperti : Telur, mie, daging ayam dan tempe, isian dari Nasi Takir ini berbeda setiap daerahnya. Yang menjadi keunikannya adalah nasi ini dibungkus mengunakan daun pisang yang di bentuk seperti mangkuk.  Menu Nasi Takir ini dapat dinikmati dengan harga kurang lebih Rp 20.000/ per porsi.

d. Gudangan

240px-Gudangan
Gudangan Source : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/a/aa/Gudangan.jpg/240px-Gudangan.jpg

Gudangan merupakan makanan tradisional jawa yang memiliki cita rasa yang enak. Makanan ini terbuat dari aneka sayuran, seperti kacang panjang,Wortel,  kubis, dan bayam yang di rebus serta sebagai pelengkap dan penambah cita rasa makanan ini di sajikan dengan menggunakan Sambal kelapa parut. Pembuatan Sambal kelapa parut sangat mudah, pertama Parut kelapa yang sudah di pisahkan dari tempurung batoknya, kemudian campurkan parutan kelapa tersebut dengan sambal. Sebagai pelengkap biasanya makanan ini di sajikan dengan telur rebus.

c. Pecel

Resep-Sega-Pecel-Nikmat-Sederhana
Pecel Source : http://www.makanajib.com/wp-content/uploads/2015/04/Resep-Sega-Pecel-Nikmat-Sederhana.jpg

Pecel merupakan makanan tradisional yang berbahan dasar sayuran yang direbus, dimana bahan dasarnya tidak jauh berbeda dengan Gudangan, hanya saja yang membedakannya adalah sambalnya. Untuk makanan ini sayuran yang telah direbus dihidangkan dengan menggunakan saus kacang. Untuk pembuatan saus kacang yang pertama siapkan bumbu untuk membuat sambal seperti : Cabai, Bawang Putih, Garam setelah itu haluskan, Kemudian campurkan Sambal tersebut dengan kacang yang sudah di sangrai dan di tumbuh. Biasanya sebagai pelengkap makanan ini disajikan dengan tambahan kerupuk dan mentimun.

Selain beberapa makanan tersebut masih banyak makanan tradisional yang dapat di temui di desa wisata ini serta untuk semua makanan yang disajikan berasal dari hasil pertanian masyarakat setempat.

 

     Jadi  bagaimana ??? tidak ada salahnya-kan menjadikan Desa Wisata Kembang arum sebagai Referensi berlibur bersama keluarga, kerabat maupun teman, ketika berkunjung dan berlibur Ke Kota Yogyakarta khususnya Berwisata ke Kabupaten Sleman.

Terima Kasih. (Untuk informasi harga dapat sewaktu-waktu berubah)

Sumber :

https://desawisatasleman.wordpress.com/desa-wisata-kembangarum/

http://www.yogyatrip.com/desa-wisata-kembang-arum-surganya-outbond-dan-wisata-wisata-edukasi/

http://kotajogja.com/4150/desa-wisata-kembang-arum/

http://visitingjogja.com/8599/desa-wisata-kembang-arum/

Serta Sebagian Sumber Foto di ambil dari :

http://kotajogja.com/4150/desa-wisata-kembang-arum/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s