Keanekaragaman Potensi Ekowisata Kabupaten Sleman

Sebagai salah satu kabupaten yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di sebelah utara kota Yogyakarta, tidak dipungkiri bahwa Kabupaten Sleman memiliki Keanekaragaman Potensi Wisata seperti : Wisata alam, Candi, Sejarah, hingga kearifan local masyarakat. Nah.. disini saya akan memberikan beberapa ulasan mengenai Potensi Ekowisata yang terdapat di Kabupaten sleman yang dapat dijadikan sebagai referensi ketika berlibur ke Kota Yogyakarta khusunya di Kabupaten Sleman.Antara lain :

Potensi Ekowisata

A. Atraksi

Dilihat dari segi Atraksi, kabupaten sleman memiliki potensi wisata mulai dari Alam, Kesenian tradisional, hingga kebudayaan yang masih terus di lestarikan dan di pertahankan oleh masyarakat kabupaten sleman, di antaranya :

  1. Kawasan Wisata Kaliurang
Kaliurang-1
Source : http://www.sewamobiljogja.info/wp-content/uploads/2014/06/Kaliurang-1.jpg

Siapa sih yang tidak mengetahui Kawasan Wisata Kaliurang ?? Kawasan Wisata Kaliurang ini terletak di lereng kawasan Gunung Merapi, tepatnya di Desa Hargobinanggun, Pakem, Sleman. Kawasan Wisata ini adalah salah satu Spot menarik yang ada di kabupaten sleman yang menawarkan keindahan dan panorama Gunung Merapi dengan udara yang sejuk dan rindangnya pepohonan menambah Keasrian Kawasan ini, Disini kita dapat menikmati beberapa aktraksi wisata, antara lain :

  • Hutan Wisata Kaliurang
img_7680
Gerbang Masuk Hutan Wisata Kaliurang https://ameeeeel.files.wordpress.com/2012/11/img_7680.jpg

Sesuai dengan namanya Kawasan hutan wisata ini terletak di Kawasan Wisata Kaliurang tepatnya di dekat objek wisata Telogo Putri. Kawasan Hutan ini merupakan salah satu wilayah Konservasi flora dan fauna yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Berapi. disini kita dapat belajar mengenai beberapa jenis flora (Tumbuhan) yang terdapat dikawasan ini, selain itu kita juga dapat melihat fauna berupa Monyet yang berkeliaran dengan bebas di area ini, untuk tiket masuk ke kawasan Hutan ini dengan Harga Cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 untuk Wisatawan Lokal dan Rp 10.000 untuk Wisatanan Asing.

  • Air Terjun Turgo
air-terjun-tlogo-muncar-yogyakarta(1)
Air Terjun Tlogo Muncar

Selain menikmati  udara sejuk dan keindahan pepohonan yang rindang, kita juga dapat melihat salah satu atraksi wisata yang menarik yaitu Air Terjun Turjo, Air terjun ini berada di Kawasan Hutan Wisata Kaliurang. Dengan Pesona Keindahan Air terjun yang mata airnya berasal dari Bukit Plawangan, Dimana air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30-45 meter  yang berada pada ketinggian 878 meter diatas permukaan air laut, ditambah dengan keasrian pepohonan-nan hijau yang berada di  sekitarnya menambah keindahan dan kearsian Air Tejun Turgo yang tidak patut di lewatkan ketika berkunjung ke kabupaten Sleman.

  • Telogo Putri

merupakan area wisata yang juga berada di Kawasan Wisata Kaliurang, mungkin kalian penasaran apa sih Telogo itu ? Nah.. Telogo itu dalam bahasa Indonesia adalah telaga atau hampir sama seperti danau buatan.

tlogo-putri-jogja
Source : http://www.wisataku.id/wp-content/uploads/2016/01/tlogo-putri-jogja.jpg

Telogo Putri adalah salah satu area wisata yang biasanya digunakan sebagai area bermain anak-anak, seperti bermain Kano dan Becak air. Nah.. yang perlu kalian ketahui juga Selain diguanakan sebagai wahana bermain Telogo putri ini juga diguanakan oleh masyarakat sekitar sebagai saranaa penampungan air hujan maupun air yang berasal dari Bukit yang berada di kawasan wisata kaliurang sehingga dapat digunakan  sebagai saluran Irigasi air untuk masyarakat sekitar kawasan wisata kaliurang.

Selain beberapa atraksi wisata tersebut kawasan wisata Kaliurang juga menyediakan beberapa fasilitas, antara lain

Area Camping Ground : Pengelola kawasan wisata kaliurang menyediakan kawasan atau area Camping ground, yang dapat digunakan oleh siswa SD, SMP, SMA atau SMK untuk melaksanakan kegiatan berkemah di kawasan ini dengan fasilitas serta luas area yang cukup luas sehingga sangat nyaman digunakan untuk kegaiatan berkemah.

Panggung Hiburan : Selain menyediakan fasilitas Camping Ground, Pengelola juga menyediakan panggung teater atau panggung hiburan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaksanakan suatu kegiatan atau suatu event, seperti : Pagelaran Wayang, Sendra tari maupun event Musik.

Fasilitas Penunjang : untuk menunjang keberlangsungan wisata, pengelola juga menyediakan fasilitas lain seperti Rumah Makan, toilet, mushola, Taman Bermain anak dan fasilitas lainnya, selain itu Kawasan ini juga terletak di kawasan terminal telogo putrid sehingga dapat diakses dengan mudah dengan menggunakan transportasi umum.

Di sekitar kawasan wisata kaliurang kita juga dapat menemukan beberapa antraksi wisata lainnya seperti :

Gardu Pandang : Disini kita dapat menikmati pemandangan dan keindahan Gunung Merapi, Bukit Turgo dan Bukit Plawangan, dengan Tiket Masuk Sebesar Rp 1.000 untuk anak-anak dan Rp 2.000 untuk dewasa.

Museum Ullen Sentalu : Di sini kita juga dapat menemukan atau berkunjung ke museum Ullen Sentalu yang berada di selatan Gardu Pandang Merapi. Museum ini merupakan Museum yang berisi Alat-alat masak tradisional zaman dahulu, sejarah budaya jawa kuno serta koleksi batik.

Museum Merapi : Museum ini merupakan museum geologi, disini kita dapat mempelajar dan memperoleh informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan Gunung Merapi, selain itu kita juga dapat melihat Film letusan Gunung berapi, Diorama-Diorama peninggalan atau barang yang terkena erupsi merapi.

2. Kesenian

Selain tempat wisata, Kabupaten sleman juga memiliki atraksi wisata di bidang Kesenian Tradisional, Seperti :

  • Kesenian Jathilan

Merupakan salah satu kesenian rakyat yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat kabupaten sleman. Kesenian ini biasanya di pentaskan pada acara-acara tertentu seperti Pesta Rakyat, dan sering digunakan sebagai kesenian dalam penyambutan tamu penting. Kesenian ini menceritakan tentang peperangan antara prajurit dua kerajaan  yang mengambil latar belakang cerita dari beberapa kerajaan seperti : Majapahit dan cerita –cerita babad jawa.

2436301_orig
Kesenian Jathilan

Di dalam kisahnya prajurit berperang dengan menggunakan kuda dan pedang, Namun Ketika Kesenian ini dipentaskan para Prajurit (Penari) menggunakan kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu serta menggunakan pedang yang terbuat dari bambu pula.  selain itu kesenian ini diiringi dengan alat music gamelan serta alat music modern seperti Drum dan Piano serta untuk lebih menghidupkan suasana biasanya di tambah dengan beberapa pemain tambahan yang menjadi buto (raksaksa).

  • Kesenian Baduwi

Kesenian ini sudah amant jarang bisa di temui atau di pentaskan di kalangan masyarakat.  Kesenian Baduwi merupakan tarian sekelompok prajurit yang sedang berlatih perang .

7561363
Baduwi

Tarian ini di pentaskan dengan cara berkelompok atau di bentuk menjadi dua kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang. Tarian ini biasanya di iringi dengan alat music seperti gederang, Terbang Genjreng, jedor dan pluit, serta di iringi dengan nyanyian Shalawatan dan sebagai salah satu kesenian dalam fungsi  penyebaran agama islam.

  • Kesenian Hadrah
9051083_orig
Hadroh

Kesenian ini merupakan kesenian yang perpaduan antara menyanyi (Shalawatan)  yang diiringi dengan tabuhan rebana. dimana kesenian hadrah ini biasanya di pentaskan di acara-acara seperti pengajian atau peringatan Maulid Nabi dengan melantunkan ayat suci Al-Qur’an serta shalawat nabi. Kesenian ini juga sebagai salah satu kesenaina dalam penyebaran agama islam.

  • Kubro siswo

Merupakan salah satu kesenian tradisional yang khas dari Kabupaten Sleman. Kesenian ini adalah kesenian bernafaskan islami dengan latar belakang dalam penyebaran agama islam di pulau jawa. Kesenian ini dipentaskan dengan durasi kurang lebih 5 jam yang diiringi dengan alat musik seperti : Kendang,Bende, Drum, Bedhug,Ketiplak dan Markis serta di iringi dengan shalawat Nabi atau Qasidahan.

220px-Kubro
Kesenian Kubro Siswo

Mungkin Kalian penasaran Apa sih arti dari Kubro Siswo?? Kubro itu memiliki arti Besar sedangkan Siswo berarti Murid, sehingga Kubro Siswo adalah Murid-Murid yang mempunyai pengabdian besar kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Selain itu Kesenian ini memiliki ciri khas yaitu sekelompok perjurit yang sedang melawan penjajah, sehingga pakaian yang dikenakan pun pakaian bak seorang prajurit yang gagah berani.

3. Kebudayaan

  • Merthi Bumi
Screenshot_20171108_214644
Merthi Bumi

Merthi Bumi atau yang biasa disebut dengan Merthi (Kirab) Dusun adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat jawa khususnya warga sleman sebagai wujud Syukur Kepada Allah SWT atau limpahan Rejeki berupa Hasil Panen yang melimpah. Kegiatan ini biasanya berupa arak-arakan Gunungan Hasil Pertanian seperti  Terong, Cabai, dan hasil bumi lainnya, yang di arak keliling kampung atau didusun yang nantinya akan dibagikan atau di perebutkan oleh seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.

  • Kirab Pusaka Ki Ageng Wonolelo

Adalah Salah satu tradisi yang berada di kabupaten sleman yang di adakan oleh masyarakat Pondok Wonolelo, Widodomartani, Ngempak, Sleman. Tradisi ini adalah tradisi tahunan yang selalu di laksankan dan diadakan oleh masyarakat pondok wonolelo serta Keluarga Keturunan Ki Ageng Wonolelo sebagai wujud dalam menyambut bulan sapar (dalam penanggalan jawa/islam) serta sebagai bentuk menghargai jasa perjuangan Ki Ageng Wonolelo sebagai Tokoh dalam penyebaran agama islam serta sebagi Tokoh pendiri Desa Pondok Wonolelo. Tradisi ini dilaksankan pada hari Kamis pahing malam Jum’at Pon sebelum bulan purnama muncul .

wonolelo03-215x215 wonolelo04-215x215  wonolelo06-215x215

Tradisi ini berupa Kirab Pusaka yang dimiliki oleh Ki Ageng Wonolelo seperti : Al-Qur’an, Baju Onto Kusuma, Kopiah, Bongkahan Mustoko Masjid dan Tongkat (Teken) serta Gunungan Apem yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh Masyarakat yang ikut serta dalam tradisi ini. Hebatnya Gunungan Apem ini dibuat secara sukarela oleh masyarakat Pondok Wonolelo sendiri. Tradisi kirab ini dimulai dari Balai Desa Widodomartani menuju ke Makam Ki Ageng Wonolelo yang jaraknya kurang lebih 3 Kilometer, dalam acara kirab pusaka ini di iringi oleh Bregada (Prajurit) yaitu Bergada Muspika, Bergada Ganggeg Samodra, Bergada Ki Ageng Wonolelo, serta Bergada Ungel-Ungelan, Kelompok Drum Band SMP, Santri, Putri Bahyangkari, Putri Domas, Alim Ulama, serta Tamu Undangan. Selain itu Sebelum Puncak dari Tradisi ini biasanya diadakan pesta Rakyat seperti  Pasar Malam dan pentas kesenian tradisional yang juga di laksanakan di desa Pondok Wonolelo.

B. Transportasi

  1. Akses

Untuk tarnsportasi menuju kabupaten sleman sangat mudah yaitu dapat menggunakan Kendaraan Pribadi maupun Transportasi Umum, dikarenakan Kabupaten ini berada di sebelah Utara Kota Yogyakarta tepatnya dari Tugu Jogja Keutara terus kita sudah berada di wilayah kabupaten Sleman.

Sedangkan Untuk menuju Kelokasi wisata Seperti Kawasan Wisata kaliurang, Gardu Pandang, Museum Ullen Sentalu dan Museum Gunung Berapi kita juga dapat menggunakan Kendaraan Roda Dua kita dapat mengambil jalur menuju Kaliurang dari Jalan Ring Road Utara. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum dari terminal Jombor dengan menggunakan atau menaiki Bus jurusan Jogja –Kaliurang yang nantinya akan berhenti di terminal Kaliurang.

 

Peta Wisata Kabupaten Sleman
http://2.bp.blogspot.com/-HcNL6BY9rjY/VWieI1lVpkI/AAAAAAAAC0A/4cqc8VuD8LA/s1600/Peta%2BWisata%2BKabupaten%2BSleman.jpg

Sedangkan untuk akses menuju Desa Pondok Wonolelo kita dapat menggunakan Kendaraan pribadi dengan rute menuju ke Jalan Kaliurang Km 12, lihat papan petujuk menuju Desa Pondok Wonolelo dari arah perempatan Mbesi lurus ketimur hingga menuju ke arah kecamatan Ngempak hingga bertemu dengan Indomaret Ngemplak, kurang lebih 100 meter dari toko tersebut.

  1. Transportasi Tradisional

Transportasi Tradisional yang dapat ditemukan di Wilayah Kabupaten Sleman adalah Gerobak Sapi. Gerobak sapi merupakan salah satu Moda transportasi tradisional zaman dahulu yang digunakan untuk mengagkut hasil pertanian. namun untuk saat ini moda transportasi ini hanya dapat kita jumpai ketika acara kirab budaya seperti Merthi bumi, serta hanya beberapa desa wisata yang berada di wilayah kabupaten Sleman yang masih menjadikan Transportasi ini sebagai transportasi Wisata, salah satunya di Desa Wedomarani tepatnya di Desa Krangasem.

 

Screenshot_20171108_214622
Gerobak Sapi

Disana kita dapat menjumpai dan menaiki Moda transportasi ini dengan harga sewa  Rp 125.000/ per orang , kita sudah dapat berkeliling Dusun dengan Rute desa Karangasem menuju Stadion Maguwo dan kembali ke dusun karangasem.  Serta untuk terus melestarikan Moda Transportasi ini beberapa karangtaruna yang berada di Desa Wedomartani mengadakan Festival tahunan Gerobak sapi yang diikuti oleh beberapa pemilik gerobak sapi yang berada di Jawa maupun di luar jawa. Festival ini bertujuan untuk tetap melestarikan dan mengenalkan Gerobak sapi di kalangan muda zaman sekarang.

C. Akomodasi

Sebagai Kabupaten yang berada di sebelah utara Kota Yogyakarta, kabupaten sleman kita dapat memenui beberapa Akomodasi Menginap mulai dari Hotel Bintang 1 hingga bintang 4, Villa, Rumah sakit, Terminal, pusat perbelanjaan, Café 24 jam, Gedung Olah raja dan beberapa fasilitas dan transportasi penunjang lainnya.

 

2-desa-wisata-tembi
Homestay Source : http://1.bp.blogspot.com/-toq4KKQjrFk/U8lHOFvsYvI/AAAAAAAACJA/426TEi2Omuc/s1600/2-desa-wisata-tembi.jpg

Selain  beberapa akomodasi menginap dari Bintang 1 hingga Bintang 4, Pemerintah Kabupaten sleman juga sedang  gencara-gencaranya untuk membangun Homestay di seluruh Tempat wisata seperti desa wisata, Hal ini pernah disampaikan oleh Bapak Bupati Kabupaten Sri Purnomo pada acara sosialisasi kebijakan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) kepada jurnalis joglosemar di Hotel Sheraton Mustika Jogja, bahwa “ Sleman akan terus mendorong Homestay Desa Wisata, karena sudah dikeluarkan moratorium hotel hingga 2021 mendatang. Jadi tidak aka nada hotel baru sampai 2021, yang ada homestay desa wisata,” Kata Bapak Bupati Sleman Sri Purnomo, selain itu Pernyataan tersebut juga di perkuat oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih (28 Mei 2017), “  Untuk memenuhi akomodasi wisatawan, saat ini kami sedang mengembangkan Homestay di desa-desa wisata, Kata Beliau. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kabupaten sleman serta sebagai wujud pemerintahan di kabupaten sleman dalam membangun dan mengembangkan kegiatan pariwisata di kabupaten sleman.

D. Kuliner

  1. Salak Pondoh
salak-pondoh_20151228_115857
Source : http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/salak-pondoh_20151228_115857.jpg

Ketika mendengar kata Kabupaten sleman pasti yang terlintas adalah salak pondoh, yaps tepat sekali, Kabupaten Sleman merupakan pengahasil Salak Pondoh di Kota Yogyakarta. Sehingga buah yang satu ini menjadi bawan wajib atau oleh–oleh ketika pulang ke kota asal setelah berkunjung ke kabupaten sleman. Salak ini memiliki rasa yang manis serta daging yang tebal. Selain kita dapat membawa oleh-olehnya berupa buah salak secara utuh, kita juga dapat membawanya dengan kemasan yang berbeda seperi :Kripik Salak, Manisan dan lain sebagainya.

     2. Jadah Tempe

yogyakarta-classic-jadah-tempe-mbah-carik1--1170x780
Source : https://www.goodindonesianfood.com/story/wp-content/uploads/2016/04/yogyakarta-classic-jadah-tempe-mbah-carik1–1170×780.jpg

Merupakan salah satu oleh- oleh yang juga harus di beli ketika berkunjung ke Kabupeten sleman. Jadah tempe merupakan makanan khas Kabupaten Sleman khususnya wilayah kaliurang. Jadah tempe berbahan dasar tempe yang di beri bumbu bacem (bawang merah, bawang putih, daun salam dan garam  serta gula jawa yang di hasulkan) kemudian tempe rebus bersamaan dengan bumbu yang telah di hasulkan tunggu hingga bumbu  meresap kemudian angakat lalu di goreng sedangkan untuk jadahnya sendiri terbuat dari beras ketan yang di rendam terlebih dahulu kurang lebih 2 jam kemudian angkat dan teriskan selanjutnya dikukus dan diberi garam dan kelapa parut, setelah matang beras ketan di tumbuk atau di uleni, kemudian di potong kecil berbentuk kotak atau bulat dan disajikan bersamaa tempe bacem tersebut.

   3. Sate Kelinci

sate-kelinci-2_20151019_095824
Source : http://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/sate-kelinci-2_20151019_095824.jpg

Selain Jadah tempe dan Salak pondok ada lagi nih..makanan yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Kabupaten Sleman khususnya saat mengunjungi Kawasan Wisata Kaliurang. selain dikenal dengan kuliner khasnya berupa Jadah Tempe kalian juga wajib mencoba makanan Sate Kelinci. Makanan ini sama seperti sate  pada umumnya hanya yang membedakannya adalah bahan bakunya, jika sate yang biasa kita beli adalah menggunakan daging ayam tetapi jika kuliner yang satu ini menggunkan daging kelinci sebagai bahan utamanya.

   4. Nasi Klenyer

Bpl6e--CIAArjdl
Source : https://pbs.twimg.com/media/Bpl6e–CIAArjdl.jpg

Apa Sih Nasi Klenyer itu ?? Penasaran ya ….. Nasi Klenyer merupakan Nasi Goreng yang seperti biasa kita makan tetapi yang membedakannya dengan Nasi Goreng yang lain adalah disini Nasi Gorengnya disiram dengan kuah kuah tongseng sehingga Nasi Goreng ini memiliki tekstur yang sangat lembut.

 

 

Sumber Referensi :

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170529135647-307-217996/sleman-genjot-pembangunan-homestay-desa-wisata/

http://wisatadesamalangrejo.weebly.com/seni-dan-budaya.html

http://jalanjogja.com/upacara-adat-saparan-ki-ageng-wonolelo

http://www.tempat.co.id/wisata/Kaliurang

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Kubrosiswo

https://fjb.m.kaskus.co.id/product/57353ff51cbfaa044c8b456d/gerobak-sapi-wisata-perjalanan-dari-budaya-modern-ke-budaya-pedesaan

http://www.tempatwisataid.com/pesona-keindahan-wisata-kaliurang-yogyakarta.html

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/air-terjun-tlogo-muncar-suasana-eksotis-di-yogyakarta.html

 

Sebagian Foto Koleksi Pribadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s